Fenomena Biosfer -->

Fenomena Biosfer

Monday 6 November 2017, November 06, 2017

ASIKA PEDIA,Secara etimologi biosfer merupakan gabungan dari dua kata ,yaitu bio yang berarti hidup sedangkan sphare yang berati lapisan.

Jadi biosfer,adalah lapisan tempat hidup (habitat) mahluk hidup.biosfer meliputi lapisan litosfer,hidrosfer dan atmosfer.ketiga lapisan tetsebut saling berinteraksi dan membentuk lapisan biosfer.tempat di temukannya kehidupan di bumi.

   Biosfer merupakan lapisan yang tips.yaitu hanya 9.000 meter di atas permukaan bumi,beberapa meter di bawah permukaan tanah,dan beberapa meter di bawah permukaan laut.

Bandingkan dengan diameter bumi sekitar 12.000,kilometer. Disini bisa kita lihat betapa tipisnya lapisan biosfer.

Biosfer merupakan organisasi kehidupan yang sangat kompleks dan hanya di jumpai di planet bumi dalam tata surya kita.

  Kehidupan dapat dijumpai dari darat,laut,maupun udara.setiap jenis mahluk hidup mempunyai tempat tersendiri di biosfer untuk dapat hidup dengan caranya.

 Tempat hidup dari mahluk hidup atau organisme yang paling kompleks yaitu biosfer jenjang kehidupak mahluk hidup sebagai berikut :


1.Bioma
Adalah beberapa ekosistem yang terdapat pada waktu wilayah geografis dengan iklim dan kondisi yang sama.

2.Ekosistem
Adalah tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.ekosistem merupakan hubungan timbal balik yang kompleks antara organisme dan lingkungan yang baik yang hidup maupun tak hidup,(tanah,air,dan udara) yang secara bersama-sama membentuk suatu ekologi.

3.komunitas
Adalah semua populasi dari berbagai jenis yang menempati suatu daerah tertentu.oada daerah tersebut tiap populasi saling berinteraksi.

4.populasi
Adalah kelompok organisme sejenis yang hidup dan berkembang biak pada suatu daerah tertentu.

5.Organisme atau individu 
Adalah suatu benda hidup atau mahluk hidup

TerPopuler